Kamis, Januari 15, 2009

nyamikan semarang



Bandeng Presto

Kalau Anda penggemar berat ikan bandeng namun takut terkena durinya, tidak usah cemas. Bertandanglah ke Jalan Pandanaran Semarang, salah satu pusat oleh-oleh paling ramai di Ibu Kota Jawa Tengah ini. Puluhan toko oleh-oleh menyediakan bandeng presto alias duri lunak. Jangan takut, duri bandeng presto tidak akan melukai tenggorokan dan menusuk lidah Anda. Daging dan durinya bisa dikunyah bareng. Soal rasa, jangan sangsi lagi. Kelezatan bandeng presto inilah yang menyebabkan ikan ini terus dicari. Soal harga, bandeng presto yang dijajakan di Jalan Pandanaran memang sedikit lebih mahal dibanding yang dipasarkan di pasar-pasar tradisional. Tapi apa artinya selisih harga bila kelezatan dan hiegine memberi nilai lebih. Tapi kalau ingin yang harganya lebih murah , bertandanglah ke Pasar Johar Semarang. Sama-sama lezat, bergizi, dan sehat. Bandeng presto dapat langsung diperoleh dari produsennya antara lain : Toko Presto atau di Toko Juwana yang ada di Jl. Pandanaran, Semarang dengan harga sekitar : Rp. 40.000/kg,-

Lumpia

Selain martabak dan kue bandung yang banyak dijajakan di pinggir jalan, pedagang lumpia juga bisa ditemui di pinggiran jalan utama di Kota Semaang. Berbeda dengan wingko yang manis, lumpia lebih pas kalau disantap dengan dibarengi cabai plus acar yang asam. Disantap pada sore hari dengan ditemani teh hangat, akan menambah nikmat. Apalagi bila disantap bersama keluarga atau sahabat dalam kondisi lumpia masih hangat.
Lumpia ini dapat langsung diperoleh dari produsennya antara lain : Lumpia Mbak Lien di Jalan Pemuda, Lumpia Mataran di Jalan Mt. Haryono, Lunpia Expres di Jalan Gajahmada, Semarang dengan harga sekitar : Rp. 5.000 – Rp 7.500/biji.
Atau kalau Anda kesulitan mendapatkan oleh-oleh khas Semarang ini, bisa langsung menuju ke pusat oleh-oleh di Kota Semarang di Jalan Pandanaran. Ada puluhan pedagang lumpia, baik kelas PKL hingga restoran. tentu saja rasa membedakan harganya

WINGKO BABAD

Semarang sangat terkenal dengan kulinernya. Salah satunya Wingko Babad, siapa yang tidak kenal dengan Wingko Babad khas semarang. Ada berbagai merk wingko babad disemarang salah satunya yang sangat terkenal adalah wingko babad Cap Kereta Api anda dapat membelinya di took Ny. Sinata yang terletak di jalan Cendrawasih No. 14 komplek kota Lama Semarang yang Buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 19.00 WIB
Toko yang didirikan oleh D. Mulyono ini telah menjual wingko babad sejak tahun 1946..wow hanya selisih satu tahun dengan kemerdekaan Indonesia. Soal kualitas dan rasa wingko babad Cap Kereta Api yang asli tidak usah diragukan lagi. Dengan resep dan bahan pilihan wingko babad diolah sehingga rasanya pun sangat nikmat.
Wingko babad cap Kereta Api lebih tebal dan aromanya lebih wangi dibandingkan wingko lainnya, rasa kelapa yang gurih dan manis dari gula asli sangat terasa. Wingko Cap Kereta Api menawarkan denagn pilihan aneka rasa diantarnya Rasa Original Kelapa, rasa durian, rasa nangka, rasa coklat dan lain lain. Untuk masalah harga wingko cap Kerata Api dijual perbungkus Rp. 1500,- sampai dengan Rp. 2500,- perbungkus tergantung dari rasa yang anda pilih.
Jadi jika anda berkunjung kesemarang Wingko Babad Cap Kereta Api sangat cocok sebagai oleh – oleh anda untuk keluarga dirumah.

Pelancong dari jauh yang ingin bawa buah tangan wingko babat asli Semarang jangan kaget. Ada satu merek wingko yang amat tersohor, yaitu cap Kereta Api. Saking populernya, banyak pembuat wingko yang membuat kemasan dengan nama dan gambar mirip. Sama-sama bergambar kereta api. Anda baru bisa membedakan setelah mencoba semua wingko. Namun bukan berarti wingko cap Kereta Api satu-satunya wingko paling lezat di Semarang.
Kalau Anda ke Jalan Pandanaran Semarang yang banyak tersebar toko oleh-oleh khas kota ini, ada pilihan lain yang kelezatannya tidak kalah dari wingko yang sudah punya nama.
Kudapan (snack) berasa gurih dan manis ini terbuat dari ketan, gula putih, dan kelapa. Seiring dengan selera zaman, kini beragam rasa bisa dinikmati. Ada rasa durian, coklat, atau nangka. Wingko ini dapat langsung diperoleh dari produsennya antara lain : Toko Wingko Cap Kereta Api, Mulyono di Jalan Cendrawasih, Semarang atau pun di Toko Presto atau di Toko Juwana yang ada di Jl.
Pandanaran, Semarang

3 komentar:

  1. lumayan bisa menambah pengetahuan seputar masalah perempuan terutama masalah rahasia perempuan.

    BalasHapus
  2. nama blog ini bukan hanya unik tapi namanya juga kedengaran menyeramkan. apa sebenarnya arti dari kiwalet itu? aku sungguh penasaran ingin mengetahuinya.

    BalasHapus
  3. waaaaaaaaaahh.. posting yang bagus KI.
    terima kasih info nyamikan semarang.
    sekalian dong.. tampilkan resepnya.......

    SALAM KENAL........!!!


    by : Oca MAKASSAR

    BalasHapus