Photobucket

Kamis, Januari 08, 2009

ALAM GAIB LAWANG SEWU SEMARANG


Lawang Sewu merupakan sebuah Gedung di Semarang, Jawa Tengah yang merupakan kantor dari Nederlandsch Indishe Spoorweg Naatschappij atau NIS. Dibangun pada tahun 1903 dan selesai pada tahun 1907. Terletak di bundaran Tugu Muda Semarang yang dahulu disebut Wilhelmina Plein.

Masyarakat setempat menyebutnya Lawang Sewu (Seribu Pintu). Ini dikarenakan bangunan tersebut memiliki pintu yang banyak sekali (dalam kenyataannya pintu yang ada tidak sampai seribu, mungkin juga karena jendela bangunan ini tinggi dan lebar, masyarakat juga menganggapnya sebagai pintu).

Bangunan kuno dan megah berlantai dua ini setelah kemerdekaan dipakai sebagai kantor Jawatan Kereta Api Indonesia (DKARI) atau sekarang PT Kereta Api Indonesia. Selain itu pernah dipakai sebagai Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer (Kodam IV/Diponegoro) dan Kantor Wilayah (Kanwil) Departemen Perhubungan Jawa Tengah. Pada masa perjuangan gedung ini memiliki catatan sejarah tersendiri yaitu ketika berlangsung peristiwa Pertempuran lima hari di Semarang (14 Oktober - 19 Oktober 1945) di gedung tua ini menjadi lokasi pertempuran yang hebat antara pemuda AMKA atau Angkatan Muda Kereta Api melawan Kempetai dan Kidobutai, Jepang. Maka dari itu Pemerintah Kota Semarang dengan SK Wali Kota 650/50/1992, memasukan Lawang Sewu sebagai salah satu dari 102 bangunan kuno atau bersejarah di Kota Semarang yang patut dilindungi.

Saat ini bangunan yang berusia 100 tahun tersebut kosong dan bereputasi buruk sebagai bangunan angker dan seram. Sesekali digunakan sebagai tempat pameran, diantaranya Semarang Expo dan Tourism Expo.Pernah ada juga wacana yang ingin mengubahnya menjadi hotel.Pada tahun 2007, bangunan ini juga dipakai untuk film dengan judul yang sama dengan bangunannya.

Mengenal Penghuni Alam Gaib Lawang Sewu Semarang

Gunung lawu yang berada di perbatasan jawa tengah dan jawa timur ditengarai banyak dihuni makhluk gaib. namun ada di antara mereka yang kesasar di lawang sewu sejak 450 tahun lalu, yakni abdi dua lawu. menurut mbah bejo, dhemit ini suka bikin onar dan mengacau sampai sekarang.

wajahnya memang tidak menakutkan, tapi kemana-mana selalu membawa parang. sehingga penampakannya sering membuat takut yang melihat. setelah dia berbuat onar atau usil biasanya akan cepat menghilang, karena takut bila ada yang menyiksanya dengan membaca ayat-ayat alquran.

demit abdi dua lawu menempati tangga penghubung bangunan sebelah utara dan tangga beton menuju lantai dua.

ketika dilukis, dia sedang duduk bersila di lantai dua dekat tangga. cara berpakaian selalu rapi dan memakai sorban putih kesayangannya. setiap bulan suro akan kembali ke gunung lawu untuk menambah ilmunya. demit ini bisa diminta bantuan mencarikan barang yang hilang.

makhluk alam gaib yang menjadi penghuni gedung lawang sewu tidak hanya dari gunung, tetapi juga ada yang asli dari pantai selatan. mereka yang pindah ini biasanya mendapat izin untuk ‘turun gunung’ dari penguasa setempat. seperti nyai harjilah rubiah, yang asalnya dari pantai selatan.

dia memakai jarit dan kebaya adalah ciri khas nyai harjilah, yang aslinya memang dari jawa. wajahnya ayu, kalau berdandan suka memakai wewangian yang harum semerbak. “biasanya, bau wangi akan muncul lebih dulu sebelum sosok pemakainya muncul,” kata mbah bejo selama berada di lawang sewu, nyai harjilah yang suka mendengar suara gamelan berada di lobi utama. seringkali menampakan diri hilir-mudik sambil menenteng tas kecil yang biasanya dibawa wanita saat kondangan.

2 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus
    Balasan
    1. assalamualaikum wr.wb,
      saya ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada AKI NYALI atas bantuan AKI.
      kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan AKI NYALI pula yang telah memberikan
      angka ritual kepada saya yaitu 6242 angka dan alhamdulillah langsung tembus. sekali lagi makasih ya AKI karna
      waktu itu saya cuma bermodalkan uang 500 ribu dan akhirnya saya menang. Berkat angka GAIB hasil ritual AKI NYALI
      saya sudah bisa buka usaha yaitu BENKEL MOTOR/MOBIL dan TOKO SEMBAKO kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari
      sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan HUB/SMS AKI NYALI di nomor hpnya: 0821 1672 2552. SILAHKAN BERGABUNG

      Hapus