Kamis, Januari 08, 2009

MAKAM DI KOTA SEMARANG





Makam Ki Ageng Pandanaran

Ki Ageng Pandanaran adalah Adipati Semarang yang pertama dan tanggal diangkatnya beliau sebagai adipati dijadikan hari jadi Kota Semarang. Dengan demikian beliau dianggap sebagai pelopor berdirinya Kota Semarang. Ki Ageng Pandan Arang atau Pandanaran meninggal pada tahun 1496. Tempat ini banyak dikunjungi oleh peziarah terutama pada acara khol meninggalnya beliau setiap bulan Muharam setahun sekali. Makam Ki Ageng Pandanaran ini berada di Jl. Mugas Dalam II/4, Kelurahan Mugasari kurang lebih 1 Km dari Tugu Muda, dibuka untuk umum setiap hari dan setiap saat.

Makam Kyai & Nyai Pragulopati




Terletak di pinggir Jl.Raya Gunung Pati, Kota Semarang kurang lebih 50 m dari pasar Gunung Pati. Kyai dan Nyai Pati adalah nama lain dari Kyai/Nyai Kembang Joyo Kusumo, yaitu pembuka daerah dan penguasa pertama di wilayah Gunung Pati, karena beliau berasal dari Kabupataen Pati maka disebut Kyai/Nyai Pati.

Makam Terboyo




Terletak di jalan Masjid Terboyo . Makam Kanjeng Adipati Surohadi Manggolo, putra angkat Ki Ageng Pandanaran merupakan obyek wisata ziarah dan setiap tanggal satu Muharam diadakan acara Khol yang dilanjutkan pengajian akbar di halaman Masjid

Makam Syeh Jumadil Kubro




Terletak di jalan Yos Sudarso No. 1 Kelurahan Terboyo Kulon, Kecamatan Genuk. Syeh Jumadil Kubro merupakan salah satu ulama penyebar agama Islam di pulau Jawa.Ditempat ini acara manakib diadakan setiap malam Jum”at Paing jam 19.00 dan pada acara peringatan Maulud Nabi sedangkan setiap Jum”at Legi diadakan acara Mujahadah Kubro dan pengajian . Untuk Khol Akbar diadakan setiap tahun sekali pada bulan Dulkaidah Jum”at terakhir. Dibuka untuk umum setiap hari dan setiap saat.

Makam Kyai Soleh Darat




Lokasinya di tengah-tengah kompleks pemakaman umum Bergota. Kyai Soleh Darat adalah nama lain dari seorang ulama besar yaitu Kyai Muhammad Sholeh, satu-satunya Kyai yang berhasil menyusun tafsir Al-Quran dalam bahasa Jawa dan menulis 12 Kitab Agama Islam . Setiap tanggal 10 Muharam diadakan acara Khol memperingati meninggalnya Kyai Sholeh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar